4 Tips & Cara Menjadi Blogger Yang Tangguh

Blog atau blogger adalah sebuah wadah atau tempat bagi yang suka menulis baik karena hobi maupun karena ingin mencari uang dengan cara memperbanyak kunjungan ke blognya. Blog biasanya berisi banyak hal misalnya, diari pemilik blog, wisata kuliner, pengalaman, cerpen, puisi, artikel, perjalanan wisata, dan lain-lain tergantung dari ketertarikan dan minat setiap pemilik blog. Sekarang sudah banyak para blogger yang sukses dan terkenal karena kreativitasnya dalam tulisan dan content yang terdapat dalam blognya untuk menarik minat pembacanya. Untuk menjadi seorang blogger tangguh, Anda tidak hanya harus fokus pada perkembangan blog Anda, Anda harus mengisi blog Anda dengan content yang menarik minat seseorang untuk melihatnya. Untuk menjadi seorang blogger, bacalah beberapa tips berikut yang bisa Anda ikuti.

Tips menjadi blogger tangguh

Ngeblog Asik

Anda sudah siap untuk mengetahui tipsnya? Berikut 4 tips yang sekiranya wajib dan mendasar perlu anda lakukan untuk menjadi blogger yang tangguh.

1. Rajinlah menulis dan update blog

Percuma jika Anda memiliki blog lalu tidak mengisinya dengan tulisan atau isian lagi misalnya gambar karya Anda. Yang paling menarik dari sebuah blog adalah isinya. Jika Anda mengisinya dengan content yang berkualitas maka Anda akan mendapatkan pelanggan yang setia berkunjung ke blog Anda. Selalu update blog Anda, kalau perlu dua kali seminggu untuk mendapatkan presentase kunjungan tetap.

2. Isilah blog Anda dengan content positif

Dengan banyaknya isu-isu kontroversi, Anda harus tetap teguh dalam menjalankan blog Anda dengan mengisinya dengan content positif yang jauh-jauh dari gosip, kontroversi, dan lain-lain yang mengundang komentar negatif dari pembaca blog Anda. Anda bisa mengisinya, misalnya ulasan atau review makanan, buku, tempat wisata atau membuat artikel bermanfaat, dan lain-lain. Jangan hanya mengejar popularitas saja tapi kerjalah sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang.

3. Tentukan tema blog Anda

Tema ini penting untuk menentukan fokus Anda, walau ada juga blog yang memiliki tema campuran. Anda bisa mengangkat tema yang menarik minat Anda atau sesuai dengan hobi Anda. Misalnya, Anda seorang pecinta kuliner, Anda bisa mengisi blog dengan berbagai ulasan atau review makanan dan tempat makan. Atau Anda seorang fashionista, Anda bisa mengisi blog dengan hal-hal berbau fashion seperti tips memilih baju ke pesta, dan lain-lain.

4. Buat judul yang menarik

Judul yang menarik ini berguna agar para pembaca mau membaca blog Anda. Karena kebanyakan orang yang berselancar di internet selalu membaca judulnya terlebih dahulu baru membaca isinya. Buatlah judul yang bisa mengundang rasa penasaran pembaca. Misalnya dengan membahas beberapa masalah kesehatan “kenalilah 8 tanda kanker serviks dalam kehidupan sehari-hari”. Biasanya judul-judul yang seperti itu akan mengundang rasa penasaran para pembaca. Yang paling penting isilah blog Anda dengan content kreatif dengan karya Anda sendiri.