Ciri Bahwa Kamu Suka Menulis Ketimbang Menghitung

Aktivitas menyampaikan sebuah gagasan maupun perasaan dalam bentuk tulisan, tujuannya agar dapat dipahami oleh pembaca disebut menulis. Setiap penulis dalam menyampaikan gagasan dalam bentuk tulisan ini memiliki tujuan yang berbeda. Ada tulisan yang bersifat menjelaskan sesuatu, meyakinkan sesuatu, menceritakan, mempengaruhi pembaca, serta menggambarkan sesuatu. Sedangkan aktivitas mencari jumlah, membilang untuk mengetahui jumlah, serta menentukan atau menetapkan berdasarkan sesuatu merupakan kegiatan menghitung. Keduanya sama-sama penting di kehidupan ini.

menghitung atau menulis

Namun bila Anda termasuk dalam ciri sebagai berikut, maka tandanya Anda lebih suka menulis dibandingkan menghitung.

– Pembawaan yang tenang namun tetap santai.

Orang yang suka menulis cenderung lebih terstruktur rapi dan tidak berburu-buru dalam menjalankan sesuatu. Selain itu orang yang suka menulis cenderung memiliki sifat sabar dan teliti.

– Sedikit berbicara dan suka pergi sendiri.

Bukan berarti malas untuk berbicara namun orang yang suka menulis lebih bisa mengungkapkan perasaannya dengan tulisannya. Suka pergi sendiri ini maksudnya tidak ketergantungan dengan orang lain bila ingin mengunjungi suatu tempat. Meski cenderung dengan kategori introvert, namun orang yang suka menulis senang dengan menyendiri tujuannya agar mendapatkan ketenangan sehingga muncul inspirasi.

– Suka mencari banyak pengalaman.

Pengalaman ini berasal dari tiga indera yaitu mata, telinga, dan hati. Dengan mata Anda dapat melihat pengalaman orang lain. Telinga dapat mendengarkan cerita atau pengalaman dari orang lain. Sedangkan hati merupakan pengalaman sendiri berarti. Dari ketiga pengalaman tadi biasanya orang yang suka menulis biasanya mendapatkan inspirasi untuk tulisannya.

– Pendengar yang baik bagi siapa pun.

Orang yang suka menulis cenderung menjadi pendengar yang baik untuk teman maupun kerabatnya yang sedang ingin mencurahkan isi hatinya. Dengan menjadi pendengar yang baik maka orang yang suka menulis ini dapat melihat karakter dan alur lebih mendalam dari cerita atau pengalaman orang lain.

– Suka membaca.

Biasanya orang yang suka menulis pasti juga gemar membaca. Karena keduanya saling berhubungan. Semakin banyak membaca juga akan menambah pengetahuan dan kosakata tulisan.

– Suka menonton.

Baik itu film, drama, atau tontonan lainnya selama itu bermanfaat untuk membantu mengasah kemampuan menulis.
Orang yang suka menulis juga memiliki keuntungan seperti selalu ingin menambah wawasan. Tanpa adanya wawasan yang luas penulis tidak bisa mendapatkan inspirasi untuk tulisannya. Orang yang suka menulis bila dipandang memiliki pembawaan yang elegan. Bukan elegan karena pakaian yang dipakai, namun dari sikapnya. Orang yang suka menulis biasanya lebih bisa mengendalikan diri, tutur katanya baik, suka menghargai pendapat orang lain, dan senang memberi ide-ide kreatif dan membangun. Menulis pada dasarnya dibutuhkan kejujuran isi hati agar gagasan dari penulis bisa tersampaikan oleh pembaca.