Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan salah satu jenis bencana alam yang datangnya sulit diprediksi. Di Indonesia sendiri gempa bumi cukup sering terjadi. Karena gempa bumi menjadi jenis bencana alam yang tidak bisa dihindari, maka hal yang paling mungkin untuk dilakukan yaitu menyelamatkan diri dari gempa bumi. Gempa bumi sendiri dapat disebabkan karena berbagai faktor. Gempa bumi dapat disebabkan karena meletusnya gunung api, baik di daratan maupun gunung api di laut. Lempeng bumi yang bergerak menjadi penyebab utama terjadinya gempa bumi.

Cara Menyelamatkan Diri ketika Terjadi Gempa

Gempa bumi biasanya diawali dengan adanya getaran yang berlangsung beberapa menit. Getaran gempa dengan skala yang besar dapat menyebabkan bahaya dan kerusakan. Sementara hal yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan diri dari bahaya gempa bumi di antaranya yaitu:

1. Menghindari benda yang mudah runtuh yang berada di sekitar

Ketika terjadi gempa sebaiknya segera menjauh dari benda-benda yang memiliki potensi tinggi untuk runtuh.

2. Ketahui jalur evakuasi

Mengetahui keberadaan jalur evakuasi menjadi hal yang penting untuk diketahui sebelum terjadi gempa. Ketahui secara tepat jalur evakuasi di rumah maupun di tempat lainnya. Keberadaan jalur evakuasi akan mempermudah dalam proses penyelamatan diri dari gempa bumi.

3. Mengetahui tempat aman dari gempa

Jika evakuasi tidak memungkinkan untuk dilakukan, maka langkah selanjutnya yang harus diketahui sebagai langkah antisipasi dalam menghindari gempa yaitu mengetahui tempat yang aman ketika terjadi gempa. Tempat yang aman tersebut dapat di rumah atau di tempat lainnya. Tempat yang aman untuk berlindung ketika gempa yaitu tempat yang tidak mudah runtuh jika terjadi gempa. Selain itu, tempat tersebut biasanya terdapat sebuah benda penahan reruntuhan.

4. Melindungi kepala

Jika evakuasi tidak dimungkinkan, maka perlindungan diri sangat penting untuk dilakukan. Bagian tubuh yang paling utama untuk dilindungi yaitu kepala, meski begitu bagian tubuh lainnya juga harus dilindungi. Ketika terjadi gempa bumi, bagian kepala harus dilindungi.

Itulah beberapa tips dalam menyelamatkan diri ketika terjadi gempa bumi.