Tujuan Program Tabungan Qurban

Sebagai umat Islam kita perlu mengetahui bahwa berqurban merupakan salah satu ajaran sekaligus syariat dari agama Islam sejak manusia sudah diciptakan dahulu. Untuk arti dari kata qurban sendiri adalah dari bahasa arab yang berarti pendekatan diri, yang juga memiliki arti atau maksud menyembelih binatang-binatang ternak yang tujuannya adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Arti tersebut sudah diketahui di dalam syariat Islam sebagai udhiyah, yang juga memiliki arti yaitu hewan atau kambing yang akan dikurbankan dan disembelih ketika memasuki waktu Dhuha dan kambing tersebut disembelih tepat di hari Idul Adha. Sebagai umat muslim dan muslimah yang baik, ada baiknya jika kita mengikuti syariat Islam yaitu melakukan qurban. Bagi yang kurang mampu namun sudah berniat berqurban, mengikuti program tabungan qurban juga dapat dilakukan. Untuk itu tidak heran jika di Idul Adha nanti akan ada pesta daging, mulai dari kaum yang berada maupun kaum miskin bisa menikmati daging.

Untuk itu umat Islam yang sudah mengetahui apa arti berqurban sebaiknya melaksanakannya dan tidak lupa dengan syarat-syarat tertentu. Untuk meringankan beban dalam berqurban, sekarang juga ada program tabungan qurban yang akan membantu para warga atau umat Islam yang berniat berqurban. Sebenarnya hewan ternak yang dikurbankan atau disembelih ini sebagai sarana untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, tetapi tetap dengan syarat tertentu. Seperti pada pengertian yang secara istilahnya adalah hewan ternak tersebut disembelih di hari Nahr dengan niat untuk mendekatkan diri pada Allah SWT atau sering disebut taqarruban, dan dengan melalui syarat-syarat tertentu. Sebenarnya program tabungan tersebut memiliki dua tujuan yaitu:

1. Yang pertama adalah untuk membantu warga-warga yang ingin dan sudah berniat untuk melaksanakan ibadah berqurban dengan bantuan tabungan niat untuk ibadah tersebut akan membantu penabung untuk mewujudkan niatnya, yaitu dengan cara yang berkomitmen dan disiplin dalam melakukannya.

2. Yang kedua adalah untuk ikut serta menyemarakkan hari Idul Adha yang dengan membuat banyak umat muslim yang berqurban dimana hari tersebut merupakan hari raya untuk Umat muslimin, maka sudah selayaknya seluruh kaum muslimin juga ikut serta dan bergembira baik yang dari kalangan kaya maupun kalangan miskin dengan adanya qurban.

Nah, sudah selayaknya dan sepatutnya kita sebagai umat muslimin yang masih hidup berkecukupan untuk ikut serta melaksanakan ibadah qurban. Selain caranya sudah mudah dengan mengikuti program tabungan qurban, tujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT juga tercapai, karena qurban juga salah satu syariat Islam yang berarti Ibadah. Maka siapa pun yang melakukannya dengan ikhlas dan niat yang baik, niscaya akan diberikan pahala yang berlimpah oleh Allah SWT.