Tempat Membayarkan Macam-Macam Zakat Menurut Islam

Zakat dibayarkan sesuai dengan jumlah dan perhitungannya masing-masing. Dalam menghitung zakat dan konsultasi mengenainya, Anda dapat melakukannya di lembaga zakat yang terdaftar di Indonesia. Ada banyak lembaga zakat yang bersedia memberikan penjelasan mengenai perhitungan zakat dan berbagai ketentuan dalam berzakat. Ada macam-macam zakat menurut Islam yang jika seseorang sudah memenuhi syarat, wajib membayarkan zakatnya tersebut. Sebagai muslim, zakat memang sebuah ibadah yang wajib ditunaikan. Zakat sendiri memiliki banyak manfaat terutama untuk membantu sesama umat yang membutuhkan. Dengan membayar zakat sesuai dengan yang ditentukan, kita secara otomatis membantu mereka yang membutuhkan karena yang berhak menerima zakat adalah mereka yang membutuhkan dan dikelompokkan dalam 8 golongan.

Jangan anggap membayar macam-macam zakat menurut Islam menjadi suatu yang memberatkan. Jumlah yang dibayarkan untuk zakat sangatlah sedikit dibandingkan dengan harta benda yang Anda miliki. Zakat merupakan salah satu kewajiban yang menyucikan dan membersihkan diri serta harta kita. Zakat juga sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan dan menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan jika disalurkan dengan tepat sasaran.

Ada 2 macam zakat menurut Islam yaitu zakat mal yaitu zakat harta benda serta zakat fitrah. Semua harta yang sudah mencapai nishabnya wajib dizakati karena dari harta yang kita miliki ada bagian yang menjadi hal kedelapan golongan. Adapun 8 golongan tersebut diantaranya adalah fakir, miskin, amil, mualaf, ibnu sabil atau musafir, fi sabilillah atau orang yang berjuang di jalan Allah, hamba sahaya, dan orang yang memiliki hutang atau gharimin.

Macam-macam zakat menurut Islam yang terdiri dari delapan golongan tersebut tidak wajib membayar zakat dan justru memiliki hak untuk menerima zakat. Indahnya Islam dapat dilihat dari hal ini. Berbagi menjadi salah satu hal yang diwajibkan dengan cara berzakat. Islam mengajarkan kita untuk membantu mereka yang membutuhkan salah satunya melalui zakat. Mereka yang memiliki harta lebih membantu mereka yang kekurangan dan membutuhkan pertolongan. Jika semua umat muslim melakukan hal demikian, ketentraman dalam hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat bukanlah hanya impian belaka.

Penyaluran zakat yang sudah dibayarkan dapat dilakukan oleh lembaga zakat yang ada. Di Indonesia sendiri, badan penyalur zakat dan penyedia layanan zakat, infaq, serta sadaqah ada di berbagai tempat mulai dari di tingkat desa atau di lingkungan masjid, sampai dengan di tingkat nasional. Anda dapat memilih sesuai dengan yang Anda inginkan. Macam-macam zakat menurut Islam dapat dibayarkan pada lembaga zakat resmi dan terdaftar di Indonesia. Melalui lembaga resmi, zakat Anda akan terjamin terutama masalah penyaluran. Penyaluran dana dapat lebih tepat sasaran dan bermanfaat. Anda juga dapat melakukan konsultasi melalui lembaga zakat untuk mengetahui bagaimana perhitungan zakat dengan harta yang kita miliki. Dengan demikian, membayar zakat menjadi lebih mudah dan nyaman