Wakaf Produktif untuk Kemaslahatan Umat

Sebenarnya apa sih wakaf itu? Wakaf adalah ibadah dalam Islam yang termasuk golongan maliyah. Wakaf ini termasuk ibadah maliyah yang memiliki potensi besar untuk berkembang dan dilakukan pengembangan. Wakaf dilakukan dengan memindahkan hak kepemilikan suatu harta yang dimiliki kepada pengelola wakaf untuk manfaatkan dalam membangun kemaslahatan umat. Wakaf produktif adalah wakaf yang dapat tersalur dengan baik dan tepat sasaran. Wakaf yang tidak hanya memberi saja namun dapat mendorong masyarakat yang tidak mampu untuk terlepas dari belenggu kemiskinan dengan membantu mereka dalam melakukan usaha untuk mandiri secara finansial. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam memberikan wakaf yang produktif. Ada berbagai bidang yang dapat kita bantu untuk mengangkat derajat dan martabat mereka sehingga dapat hidup dengan lebih layak.

Wakaf produktif dapat berbentuk berbagai hal. Salah satunya adalah membangun perekonomian umat. Adapun berbagai bentuk wakaf produktif yang dapat membangun ekonomi umat di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Wakaf ternak

Wakaf ternak adalah salah satu cara untuk menggerakan perekonomian masyarakat dengan membentuk lumbung ternak. Cara ini dapat dilakukan dengan memberikan indukan ternak untuk qurban sebagai wakaf. Indukan tersebut nantinya dapat dipelihara serta dikembangbiakan dan dimanfaatkan secara terus menerus untuk membangun kemaslahatan umat. Hal tersebut tentunya akan sangat bermanfaat. Perekonomian masyarakat meningkat dan dapat menjadi cara untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan.

2. Wakaf infrastruktur

Wakaf dalam bentuk infrastruktur disesuaikan dengan infrastruktur seperti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Infrastruktur meliputi bangunan, saluran air, dan berbagai bentuk infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat lainnya.

3. Wakaf ritel

Yang dimaksud dengan wakaf ritel adalah optimalisasi dana wakaf yang tersedia dalam bentuk pengelolaan bisnis. Adapun pengelolaan bisnis tersebut dapat bergerak di berbagai sektor. Pengelolaan bisnis ini dapat dikembangkan dan menjadi sumber wakaf yang produktif bagi masyarakat serta bersifat berkelanjutan. Wakaf jenis ini dapat memberikan manfaat yang berlipat ganda jika dapat dikembangkan dengan baik.

4. Wakaf properti

Mungkin banyak yang sudah mengenal wakaf jenis properti ini. Biasanya wakaf ini berupa tanah, bangunan, dan aset properti lainnya. Wakaf ini dapat digunakan sebagai salah satu media untuk membangun berbagai fasilitas umum, bangunan untuk kegiatan sosial, pendidikan, dan keagamaan yang akan berimbas pada kemajuan pembangun di suatu daerah.

5. Wakaf surat berharga

Surat berharga juga dapat dijadikan sebagai salah satu jenis wakaf di bidang ekonomi yang cukup produktif. Deviden dari surat berharga yang diwakafkan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan masyarakat dan dioptimalkan penggunaannya untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

Wakaf produktif adalah wakaf yang berguna untuk kemaslahatan umat. Salah satu bidang yang dapat dikembangkan adalah bidang ekonomi. Dengan meningkatkan perkembangan ekonomi di suatu wilayah dapat membantu mengangkat masyarakat daerah tersebut dari kemiskinan dan membuat mereka lebih mandiri dan memiliki cara untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.