Segway, Kenali Fungsinya dan Jadikan Hoby Baru

Tahukah Anda apa itu segway? Jika Anda pernah melihat alat semacam skuter Teletubies dimainkan oleh seseorang, maka segwey ini agak mirip dengan mainan lucu tersebut. Hanya saja lebih kecil dan hanya terdiri dari 2 roda di bagian depan. Ukuran rodanya ada yang sedang dan juga ada yang agak besar. Saat ini segway sedang cukup populer. Menjadi semacam barang mewah alat ini digadang-gadang akan menjadi kendaraan masa depan. Tak usah jauh-jauh terlebih dahulu menempatkan segway menjadi kendaraan masa depan. Kita melihat penggunaan alat ini di masa sekarang terlebih dahulu. Nampaknya, segway masih jauh dari sebuah alat transportasi karena nyatanya segway masih jadi semacam hoby. Ya, segway kini seringkali digunakan di tempat-tempat umum yang luas sekedar untuk menjadi hoby. Orang-orang memilikinya juga menginginkan hiburan dan refreshing. Agar maksimal dalam menggunakannya, maka ketahui berbagai hal tentang segway ini.

• Perjalanan kemunculan segway

Segway merupakan sebuah kendaraan listrik yang diciptakan oleh Dean Kamen. Alat ini diproduksi oleh sebuah perusahaan Segway LLC yang berbasis di Bedford New Hampshire dan kemunculan pertamanya yaitu pada tahun 2001. Melihat kemunculan pertamanya, sebenarnya alat ini bukanlah alat baru. Namun, di awalnya tak terlalu populer.

• Segway baru hadir di Indonesia sekitar tahun 2011

Ya, meski sudah cukup lama ada, namun nyatanya di Indonesia alat ini mulai populer baru sejak tahun 2011. Di Indonesia baru ada 2 varian segway yaitu segway X2 dan I2.

• Cara menggunakannya

Penggunaan kendaraan unik ini katanya terbilang mudah karena pengendara tinggal berdiri atau jongkok di atasnya kemudian memegang stang layaknya mengendarai skuter. Posisi berdiri atau jongkoknya sedikit mencondong ke depan. Kemudian pengendara tinggal menjalankannya saja. Untuk mengatur arah pergerakan segway juga mudah. Jika ingin maju maka condong ke depan begitu juga jika ingin bergerak ke belakang dan samping kanan kiri.

• Mampu berputar 360 derajat

Untuk pergerakannya, segway bisa beroperasi 360 derajat. Jadi berbelok ke arah manapun bisa. Mungkin yang diperlukan hanya rasa biasa penggunanya saja.

• Kemampuan kecepatan

Normalnya kemampuan jalan segway ini yaitu hingga 20km/jam. Jika dibandingkan dengan kendaraan bermotor memang jauh. Namun, untuk sekelas mainan, kecepatan ini tentu sudah cukup. Bisa jadi inovasi lainnya kini terus dikembangkan dan bisa membuat segway memiliki kecepatan setara kendaraan umum jika mengingat kemungkinan segway bisa menjad kendaraan masa depan.

• Baterai sebagai sumber energi

Alat ini menggunakan baterai untuk menjalankan mesinnya. Baterai yang dibutuhkan hanya sebesar 100 volt saja. Kendaraan ini terbilang irit dan ramah lingkungan.

• Tidak menimbulkan polusi udara

Nah, semakin cocok digadang-gadang sebagai kendaraan masa depan jika terus dikembangkan. Salah satunya karena segway tidak menimbulkan polusi udara. Tentu kita sepakat bahwa salah satu masalah transportasi Indonesia bahkan dunia adalah polusi udaranya. Maka, jika ada kendaraan yang ramah lingkungan seperti segway ini, kenapa tidak dijadikan alat transportasi bukan? Bahkan kabarnya segway memang sudah dijadikan sebagai alat transportasi di China, walaupun masih sebatas alat transportasi yang digunakan oleh para pemandu wisata. Tentu lingkup geraknya masih terbatas.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui dari segway yang kini semakin populer ini. Setelah mengetahui berbagai hal tentang segway maka selanjutnya Anda bisa menjadikannya hoby baru.