5 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis

Hai ladies, jerawat memang suka bikin kesal ya. Kalau langit berbintang sih itu indah banget. Tapi, kalau wajah berjerawat ? Iyuh banget ya. Perasaan sih sudah sering-sering cuci muka ya, tapi kok jerawat tetap muncul juga.  Nah ternyata jeruk nipis juga bisa loh membantu kulit berjerawat. Mudah dan murah lagi. Yuk, kita simak ulasannya.

Daging Jeruk Nipis

Nah, cara pertama adalah menghilangkan jerawat dengan daging si jeruk nipis itu sendiri. Caranya, pilih jeruk nipis dengan tingkat kematangan yang sedang (tidak terlalu hijau juga tidak terlalu kuning). Lalu tinggal dioleskan saja ke bagian wajah, khususnya bagian yang berjerawat. Memang sih rasanya agak perih, itu karena memang vitamin C yang terkandung pada jeruk nipis tersebut sedang bekerja. Setelah kering, lalu bilas dengan air dingin.

Jeruk Nipis dan Putih Telur

Kenapa harus putih telur ?. ini tidak lain tidak bukan karena putih telur mengandung banyak manfaat.  Putih telur bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah, sekaligus mengangkat debu atau kotoran yang menempel pada wajah.  Putih telur juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit, sekaligus bisa mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Caranya, campurkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis dan putih telur (dari 1 butir telur ya), kemudian dikocok kedua bahan tersebut hingga menyatu dengan sempurna. Setelah tercampur dengan rata, lalu oleskan ke wajah. Di bagian wajah yang berjerawat boleh dioleskan berulang-ulang. Diamkan selama 15-20 menit hingga wajah terasa ketat atau kaku, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Jeruk Nipis dan Air Hangat

Cara yang ketiga ini juga sangat mudah loh. Disini kita menggunakan air hangat karena  air hangat berfungsi untuk membuka pori-pori yang tersumbat.

Caranya, Pertama-tama campurkan air perasan jeruk nipis dan air hangat. Lalu, basuhkan secara merata ke wajah. Setelah kering dibilas dengan air dingin. Air dingin ini berfungsi untuk menutup pori-pori kembali ya.

Jeruk Nipis dan Madu

Seperti yang sudah kita ketahui, madu mengandung banyak manfaat. Salah satunya adalah berfungsi sebagai anti bakteri  yang bisa membantu menghilangkan jerawat dan mencegah jerawat tumbuh kembali. Nah, siapkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis dan satu sendok teh madu. Kedua bahan tersebut dicampurkan hingga merata, lalu dioleskan ke wajah. Tunggu sekitar 20-30 menit, kemudian basuh wajah dengan air bersih.

Jeruk Nipis dan Garam

Tidak disangka ternyata garam yang mengandung senyawa sodium klorida ini sangat baik untuk mengatasi kulit berjerawat.

Siapkan satu buah jeruk nipis, belah menjadi dua bagian, dan buang bijinya. Siapkan kurang lebih satu sendok makan garam. Satu bagian jeruk nipis yang sudah dibelah tadi dicelupkan kedalam garam hingga garam menempel di bagian  daging jeruk. Setelah menempel dengan  rata, usapkan perlahan di bagian wajah yang berjerawat. Lalu ulangi terus selama 2 menit. Tunggu hingga air jeruk nipis meresap ke dalam kulit. Bilas dengan air hingga bersih.

Cepat atau lambatnya proses penyembuhan tergantung juga dari tingkat parahnya jerawat atau dari pola makanan yang dikonsumsi sehari-hari.  Ada baiknya selama proses penyembuhan, diatur juga pola makannya. Dengan lebih banyak minum air putih atau banyak makan sayuran secara rutin misalnya.

Demikian beberapa cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan jeruk nipis. Semoga bisa membantu ya. Dan jangan lupa dishare jika berkenan ya. Nuhuuns!