Berkunjung ke Purwokerto? Jangan Ketinggalan Cicipi Kuliner Khas Kota Ngapak Ini

Purwokerto adalah sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Tengah yang merupakan ibukota dari Kabupaten Banyumas. Kota ini terkenal dengan aksen ngapak yang seringkali dianggap lucu oleh sebagian orang Indonesia di daerah lainnya. Di balik orang-orangnya yang ramah dengan akses ngapak yang kental, Purwokerto memiliki segudang kuliner khas yang tidak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke kota ini. Beberapa dari kuliner khas ini memang sudah dapat dengan mudah ditemukan di kota lain di Indonesia, tetapi mencicipi kuliner khas asli dari daerah asalnya tentu berbeda.

Purwokerto memiliki banyak makanan khas mulai dari makanan berat hingga camilan ringan. Makanan ini sudah ada sejak dulu dan resepnya terus dilestarikan hingga saat ini. Berikut ini beberapa makanan khas Purwokerto yang harus Anda coba:

Mendoan

Mendoan memang sudah menjadi bagian penting dari Kota Purwokerto dan daerah-daerah di sekitarnya. Panganan ini berupa tempe yang dilumuri dengan tepung berbumbu dan digoreng setengah matang. Tempe yang digunakan berbentuk pipih dan lebar kemudian digoreng dengan tepung bertaburkan daun bawang. Panganan ini sangat mudah dijumpai di Purwokerto ataupun di daerah lain bisa dijadikan camilan ataupun lauk pendamping makanan berat. Mendoan cocok disantap selagi hangat dipadu dengan cabai rawit atau sambal kecap. Sebagai pelengkap, jangan lupa teh manis hangat untuk menemani Anda menyantap gorengan yang satu ini.

Soto Sokaraja

Indonesia memiliki banyak sekali jenis soto yang berbeda di tiap daerahnya. Di Purwokerto Anda bisa menemukan Soto Sokaraja yang selalu diburu oleh para penikmatnya. Soto ini memiliki ciri khas yaitu menggunakan bumbu kacang dan disantap dengan ketupat. Soto Sokaraja juga dihidangkan dengan taburan kerupuk di atasnya yang membuat sensasi makan semakin lengkap.

Gethuk Goreng

Kali ini beralih ke camilan bercita rasa manis. Gethuk goreng ini terbuat dari adonan singkong dan gula merah yang menghasilkan rasa gurih dan manis yang pas. Menurut sejarahnya gethuk goreng ini tidak sengaja ditemukan oleh pedagang gethuk yang dagangannya tidak laku sehingga digorenglah agar gethuk tahan lama. Tapi tidak perlu khawatir, gethuk goreng yang Anda temui saat ini memang dibuat khusus bukan berupa gethuk lama.

3 makanan tadi merupakan yang paling banyak dicari oleh pendatang yang berkunjung ke Purwokerto. Selain 3 kuliner tadi masih banyak makanan khas Purwokerto yang tak kalah lezatnya. Ayo kunjungi Kota Ngapak ini dan cicipi sendiri aneka makanan khasnya.