Cara Atasi Sariawan

Secara teknis, sariawan merupakan luka kecil yang bisa muncul pada beberapa tempat di dalam mulut, seperti dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Sariawan bisa dipicu oleh jenis-jenis makanan tertentu, namun penyebab utamanya adalah daya tahan tubuh Anda yang sedang menurun. Ketika daya tahan tubuh tidak kuat, sariawan akan mudah muncul. Selain itu, beberapa penyebab lainnya adalah kurangnya vitamin B12, infeksi bakteri atau virus, trauma bekas tergigit, tergores makanan yang tajam seperti keripik, atau ketika gusi terluka karena terlalu keras ketika menyikat gigi.

 Menyembuhkan sariawan dengan cara alami

Madu

Lebah dan beruang tertarik pada madu bukan tanpa alasan. Selain rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut di mulut, madu ternyata mengandung berbagai macam khasiat untuk meningkatkan kesehatan dan salah satunya adalah menyembuhkan sariawan. Dengan mengoleskan madu diatas sariawan berturut-turut hingga sariawannya sembuh, anti radang dan antibakteri yang terkandung di dalam madu mampu memberantas infeksi virus tersebut.

Air garam

Pernahkah Anda diberitahu orang tua untuk kumur-kumur menggunakan air garam agar sariawannya hilang? Ternyata air garam telah menjadi ramuan tradisional sejak dahulu sekali. Garam mengandung anti radang dan antibakteri yang dapat membantu Anda membersihkan luka tersebut dari bakteri dan virus. Sekiranya satu setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat sudah sangat cukup untuk menjadi bahan kumur-kumur di dalam mulut. Saat berkumur dengan air garam, Anda akan merasa perih di luka sariawan. Anda hanya perlu menahan rasa itu, karena tidak seberapa dibandingkan nikmat sembuh yang akan Anda rasakan setelah sariawannya sembuh dengan air garam.

Kelapa

Sariawan biasanya muncul di lidah atau di bibir. Yang jelas, di mana pun ia muncul, sariawan sangat menyiksa. Kelapa ternyata memiliki khasiat untuk menyembuhkan sariawan dan menurunkan panas dalam tubuh. Cara untuk menyembuhkan sariawan dengan kelapa sangat mudah. Anda hanya perlu memilih minyak kelapa atau susu kelapa. Lalu campurkan dengan madu dan oleskan langsung pada sariawan selama 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Tidak ada yang lebih efektif daripada proses penyembuhan sariawan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah sendiri. Bahan di atas adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan sariawan.