Kurang Darah? Kenali Penyebab Anemia yang Mungkin Jadi Faktor Pemicu

Anemia merupakan suatu kondisi tubuh ketika kekurangan sel darah merah. Anemia ini umumnya ditandai dengan tubuh yang lemas, lunglai, tidak bertenaga dan pucat. Meskipun kadang dianggap sepele, anemia ini dapat berdampak cukup signifikan terhadap kesehatan tubuh dan dapat pula mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kaum wanita lebih banyak terserang anemia dibandingkan kaum pria. Salah satu penyebabnya adalah wanita mengalami menstruasi bulanan yang membuat tubuh kehilangan darah yang keluar sebagai darah menstruasi. Akibatnya tidak jarang wanita yang sedang menstruasi cenderung lebih lemas dan kurang bertenaga dibandingkan hari-hari biasa. Selain karena menstruasi, masih ada banyak penyebab lain yang bisa tanpa disadari menjadi penyebab Anda terserang anemia, diantaranya:

Kurang asupan zat besi

Zat besi merupakan bahan yang diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Tubuh yang kekurangan zat besi maka akan memproduksi lebih sedikit sel darah merah daripada jumlah yang seharusnya, akibatnya tubuh akan kekurangan sel darah merah yang berujung anemia. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengkonsumsi cukup zat besi dengan menyantap bahan makanan sumber zat besi seperti bayam, daging, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

Ambeien

Ambeien atau wasir merupakan kondisi peradangan pada dubur yang dapat mengakibatkan darah keluar ketika buang air besar. Jika jumlah darah yang keluar cukup banyak bukan tidak mungkin penderita Ambeien juga depat mengalami anemia tanpa mereka sadari.

Melahirkan

Wanita yang baru melahirkan biasanya akan mengalami kekurangan darah akibat banyaknya darah yang keluar selama proses persalinan. Setelah melahirkan sebaiknya wanita mengkonsumsi suplemen penambah darah agar kondisi tubuh kembali segar dan tidak mengalami kekurangan darah.

Tubuh yang tidak dapat menyerap zat besi dengan baik

Meskipun tubuh Anda mendapatkan cukup suplai zat besi dari luar belum tentu Anda terbebas dari anemia. Anemia dapat menyerang jika tubuh Anda tidak mampu menyerap zat besi yang masuk dengan baik. Kesulitan penyerapan ini dapat disebabkan oleh konsumsi bahan-bahan lain bersamaan dengan konsumsi sumbe zat besi. Bahan-bahan yang dapat menghambat penyerapan zat besi antara lain yang mengandung polifenol dan asam oksalat seperti kopi, cokelat dan teh hitam.

Kenali penyebab-penyebab anemia di atas agar Anda dapat mengantisipasi dengan tepat dan menjaga tubuh tetap sehat. Anemia yang dibiarkan berlarut-larut dapat membahayakan kesehatan karena suplai oksigen ke seluruh anggota tubuh menjadi berkurang. Jika perlu konsumsi suplemen penambah darah untuk mengembalikan kondisi tubuh tetap sehat dan segar.