Papeda, Makanan Unik Khas Papua yang Wajib Anda Cicipi

Setiap daerah di Indonesia menawarkan berbagai kuliner yang khas dan unik. Nah, salah satunya adalah masyarakat Papua yang memiliki makanan khas yang bernama papeda. Sekilas dilihat, mungkin Anda akan membayangkan papeda mirip seperti lem karena warnanya yang putih dan bertekstur lengket. Namun, sebenarnya papeda adalah bubur yang terbuat dari sagu. Di daerah Papua, sagu merupakan sumber makanan utama untuk mengolah berbagai jenis makanan.

Pada awalnya, rasa papeda memang hambar. Maka dari itu, untuk meningkatkan cita rasa saat makan papeda, maka sebaiknya dimakan bersamaan dengan makanan pendamping seperti ikan tongkol atau mubara. Selain itu, masyarakat Papua juga suka mengganti makanan pendamping dengan ikan kakap merah, ikan gabus, kuah kuning, atau sayur ganemo yang terbuat dari olahan daun melinjo yang dicampur dengan bunga papaya muda dan cabai merah.

Selain bermanfaat sebagai menu makanan utama, papeda ternyata mengandung manfaat lainnya. Papeda yang dibuat dari sagu ini mengandung nutrisi dan serat yang tinggi, namun tetap rendah kolesterol. Kandungan seratnya sangat baik untuk melancarkan buang air besar dan menjaga kesehatan pencernaan. Papeda dipercaya dapat membantu mengatasi perut kembung, mengurangi risiko pengerasan pembuluh darah, dan penyakit ulu hati. Selain itu, kadar indeks glikemik yang rendah pada papeda membuat makanan yang satu ini bisa dikonsumsi dengan aman oleh penderita diabetes.

Resep Sederhana Membuat Papeda

Apakah Anda pernah mencoba membuat papeda sendiri di rumah? Jika belum, Anda bisa menjajal resep sederhana di bawah ini.

  1. Mempersiapkan bahan yang terdiri dari: 250 gram tepung sagu, 2 siung bawang putih, 4 gelas air, garam dan kaldu ayam secukupnya.
  2. Awali dengan mendidihkan 3 gelas air.
  3. Lalu, tumbuk atau blender bawang putih hingga halus.
  4. Campurkan tumbukan bawang putih, tepung sagu, kaldu ayam, dan garam ke dalam mangkuk. Tuang segelas air ke dalam mangkuk tersebut untuk mencampurkan semua adonan.
  5. Air yang telah mendidih dimasukkan sedikit demi sedikit ke dalam mangkuk adonan sembari diaduk hingga kental.
  6. Apabila adonan sudah kental, maka papeda sudah siap untuk disantap.

Nah, ternyata mudah bukan membuat papeda? Sekarang, Anda tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Papua jika bisa membuatnya dari rumah saja.