Riba & Bahayanya

Islam adalah agama yang mengatur kebaikan dan memberi jalan keselamatan. Ada banyak hal yang diatur dalam Islam yang jika diikuti akan memberikan kedamaian dan kemakmuran pada pemeluknya khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Salah satu hal yang diatur dalam Islam adalah dalam hal ekonomi. Ada banyak hal yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari ternyata masuk dalam kategori riba. Riba adalah suatu tindakan pengambilan harga atau transaksi yang merugikan salah satu pihak atau mengandung unsur yang menjurus pada ketidak-adilan. Tindakan riba tersebut memiliki hukum haram dalam Islam. Selain haram dalam hukum Islam, dalam masyarakat, ada bahaya riba dalam ekonomi Islam yang akan merugikan banyak masyarakat. Oleh karenanya, melakukan hal tersebut harus dihindari.

Selalu ada alasan dibalik sebuah larangan atau aturan tertentu, termasuk aturan perekonomian dalam Islam. Diharamkannya tindakan riba karena bahaya riba dalam ekonomi Islam khususnya dan ekonomi dunia pada umumnya, sangat besar. Dampak yang utama adalah semakin besarnya jarak antara yang kaya dengan yang miskin. Orang yang kaya akan semakin kaya sedangkan yang miskin akan semakin sulit untuk terlepas dari kemiskinan karena adanya praktek distribusi kekayaan yang tidak merata. Dengan melakukan tindakan riba secara terus menerus juga dapat menyebabkan hancurnya sumber ekonomi karena dikuasai oleh orang tertentu saja. Perkembangan ekonomi dalam suatu daerah yang mempraktekkan riba akan semakin melemah, begitu pula pada sumber permodalan sehingga perkembangan usaha terutama usaha mikro dan usaha kecil akan sulit bangkit dan berkembang. Hal tersebut juga akan berimbas pada semakin meningkatnya angka pengangguran karena ketersediaan lapangan kerja tidak kunjung meningkat sementara kebutuhan masyarakat terus meningkat setiap tahunnya.

Lihat juga ceramah agama islam dari ustadz oemar mita

Aturan mengenai larangan melakukan tindakan riba menjadi salah satu hal yang sangat baik. Hal ini karena bahaya riba dalam ekonomi Islam yang akan berimbas sangat besar dan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Dengan menghindari praktek riba, Anda akan membantu perekonomian masyarakat untuk semakin membaik dan semakin hidup. Hal ini karena sumber permodalan akan semakin mudah didapatkan dan semakin mudah dalam pengembalian. Perekonomian masyarakat dapat kembali bangkit dengan kemudahan mendapatkan sumber modal. Jika dapat mengelola modal dengan baik, usaha mikro dan kecil dapat lebih mudah berkembang. Pengangguran akan menurun karena banyak orang tidak hanya tergantung pada penyedia lapangan kerja namun, dapat mandiri secara finansial dengan melakukan usaha sendiri. Hal ini tentunya menjadi hal yang sangat baik terhadap perkembangan ekonomi di suatu wilayah.

Lihat Juga Video Inspiratif Lainnya & Sharing Mengenai Ilmu Agama di http://kajiandakwahislam.net/